Media Pembelajaran Kreatif

Tahapan penggunaan media Doraeman.

1. Guru menempelkan kantong doraemon di papan tulis
Sebelumnya siswa harus sudah membaca dan memahami isi dari keempat fabel.
2. Guru membentuk kelompok satu kelas di bagi menkadi 4 kelompok.
3. Siswa di perintahkan untuk membentuk sebuah lingkaran
Siswa menwntukan perwakilan untuk dijadikan ketua kelompok
4. Perwakilan dari masing" kelompok maju ke depan kelas.
5. Keempat perwakilan kelompok memilih ice cream yang terdapat di kantong ajaib
6. Setelah masing" perwakilan memegang ice cream, guru memeribtahkan siswa untuk melihat nomor di balik ice cream tersebut.
7. Setelah itu guru merintahkan siswa untuk mengambil amplop yang ada di kantong ajaib sesuai dengan nomor yang yang siswa dapat di ice cream.
8. Guru memerintahkan siswa untuk kembali ke kelompoknya masing-masing dengan membawa amplop.
9. Guru memberitahu bahwa kelompok yang sudah selesai mengerjakan segera maju ke depankelas dan akan mendapatkan point. Kelompk 1 yang selesai akan mendapatkan point sebesar 10 poin bagi setiap masing-masing anggotanya. Kelompo 2 yang selesai akan mendapatkan 8 poin bagi setiap masing-masing anggotanya. Kelompok ke 3 akan mendapat 6 poin dan kelompok 4 akan mendapat 4 poin.
Guru menghitung 1-3 baru siswa boleh membuka isi amplop tersebut
10. Guru memerintahkan siswa untuk menyiapkan satu lembar kertas.
Dan guru memberikan intruksi bahwa masing" kelompok sudah dapat mengerjakan tugasnuayaa
11. Guru memerintahkan siswa untuk menyusun gmbar tersebut sesuai dengan alur ceritanya
Setelah itu siswa menuliskan kembali isi dari fabel yang mereka dapatkan di kertas satu lembar selama 15 menit.
12. Siswa melakukan kegitan tersebut dengan cara bertukar pikiran dan bekerjasama sesama kelompok anggota.
13. Guru menghitung waktu yang tersisa dan memberitahukan kepada siswa bahwa waktu mereka untuk mengerjakan hanya tinggal 5 menit lagi.
Bagi kelompok yang sudah selesai mengerjakan, perwakilannya segera maju ke depan kelas dan menduduki urutan pepertama. Sekaligus akan mendapatkan poin sebesar 10 poin.
Perwakilan kelompok menyusun gambar tersebut di papan tulis berdasarkan alur dari fbel yang ia dapatkan.
14. Setelah semua kelompok selesai menceeitakan kembali cerita tersebut ke dalam bentuk tulisan dan sidah mengurutkan gambar dipapan tulis maka ketua kelompok boleh memilih satu nama dari kelompk yang lain untuk menceritakan fabel sesuai dengan yang kelompoknya dapat. Ketua kelompok 1 memilih perwakilan dari kelompok 2 untuk menceritakan isi dari fabel. Ketua kelompk 2 memilih perwakilan dari kelompk 3 untuk menceritakan isi dari fabel begitu seterusnya.
15. Perwakilan setiap kelompo yang di sebutkan namanya maju kedepan menggantikan posisi ketua.
16. Masing-masing anggota kelompok membacakan hasil diskusi dari kelompknya masing-masing.
17. guru mengulas kembali keempat fabel dan secara seksama menemukan nilai yang terkandung dalam fabel tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kritik Sastra novel hujan

JAYALAH NEGERIKU Oleh: Sofi Lisdayanti

Kemanakah?